Use Case dan Sequence

Nama/NIM                     :  I Made Arta Purniawan / 1404505074
Jurusan/Fakultas/Universitas :  Teknologi Informasi / Teknik / Udayana
Mata Kuliah                  :  Pemrograman Berorientasi Objek
Dosen                        :  I Putu Agus Eka Pratama, ST. MT


Use Case dan Sequence

Apa itu Use Case dan Sequence ?

    Use case adalah rangkaian/uraian sekelompok yang saling terkait dan membentuk sistem secara teratur yang dilakukan atau diawasi oleh sebuah aktor. Use case digunakan untuk membentuk tingkah-laku benda/ things dalam sebuah model serta di  Realisasikan oleh sebuah collaboration. Umumnya use case digambarkan dengan sebuah elips dengan garis yang solid, biasanya mengandung nama.Use case menggambarkan proses system (kebutuhan system dari sudut pandang user).



    Sedangkan Sequence adalah suatu diagram yang memperlihatkan atau menampilkan interaksi-interaksi antar objek di dalam sistem yang disusun pada sebuah urutan atau rangkaian waktu. Interaksi antar objek tersebut termasuk pengguna, display, dan sebagainya berupa pesan/message. Sequence Diagram digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai sebuah respon dari suatu kejadian/even untuk menghasilkan output tertentu. Sequence Diagram diawali dari apa yang me-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan.
      Diagram ini secara khusus berasosiasi dengan use case diagram. Sequence diagram juga memperlihatkan tahap demi tahap apa yang seharusnya terjadi untuk menghasilkan sesuatu didalam use case. Sequence diagram juga dapat merubah atribut atay method pada class yang telah dibentuk oleh class diagram, bahkan  menciptakan sebuah class baru. Sequence diagram memodelkan aliran logika dalam sebuah system dalam cara yang visual.
     Sequence diagram biasanya digunakan untuk tujuan analisa dan desain, memfokuskan pada identifikasi method didalam sebuah sistem. 

Study Kasus

Berikut merupakan contoh study kasus dalam penerapan Use Case dan Sequence ini, yaitu Sistem Informasi Akademik Fakultas Teknik, Udayana.

Use Case






Di bawah ini merupakan sequence dari sistem pendaftaran dosen dengan mahasiswa yang di lakukan oleh admin



Demikian sedikit penjelasan tentang Use Case dan Sequence Diagram, semoga bermanfaat.

Sumber :


  • https://www.academia.edu/2391467/Contoh_Desain_UML_Sistem_Informasi_Absensi
Previous
Next Post »
Thanks for your comment