PEWARISAN DALAM JAVA BAGIAN 2

Nama/NIM                                :  I Made Arta Purniawan / 1404505074
Jurusan/Fakultas/Universitas    :  Teknologi Informasi / Teknik / Udayana
Mata Kuliah                              :  Pemrograman Berorientasi Objek
Dosen                                        :  I Putu Agus Eka Pratama, ST. MT


PEWARISAN DALAM JAVA

Sebelumnya saya sudah pernah memposting tentang apa itu Pewarisan dalam Java, sekarang saya akan menjelaskan lebih tentang apa itu pewarisan dalam java.

Disini saya akan memberikan sepuah program yang menjelaskan tentang bagaimana pewarisan itu bekerja. Secara garis besar, saya membuat 2 buah super class yang bernama "Mamalia" dan "Reptil". Di dalam class Mamalia, saya dan menurunkan class baru yang di sebut Sub Class dari class Mamalia, yaitu Sapi, Kucing dan Anjing. Begitu pula dengan Reptil, yaitu Ular, Buaya dan Cicak.

Tidak hanya itu, saya juga akan menurunkan class baru dari class Anjing, yaitu Labrador Retriever, Chihuahua dan Pudel. Dan terakhir penurunan class pada class Ular, yaitu Cobra dan Phyton.

Berikut saya berikan script programnya, yang dapat kalian coba :


//kelas Mamalia
//super kelas untuk kelas anak : Sapi, Kucing dan Anjing
class Mamalia {
    String Nama;
    String Keterangan;
   
    //konstruktor
    public Mamalia (String nama, String keterangan) {
        Nama = nama;
        Keterangan = keterangan;
    }
       
    //methode
    public void TampilkanRincian() {
        System.out.println("Nama Spesies = " + Nama);
        System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
    }
}

//kelas Sapi
//Turunan dari kelas Mamalia, menggunakan "extends" dan "super"
class Sapi extends Mamalia {
   
    //konstruktor
    public Sapi (String nama, String keterangan) {
        super (nama, keterangan);
    }
       
    //methode
    public void TampilkanRincian() {
        System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
        System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
    }
}

//kelas Kucing
//Turunan dari kelas Mamalia, menggunakan "extends" dan "super"
class Kucing extends Mamalia {
   
    //konstruktor
    public Kucing (String nama, String keterangan) {
        super (nama, keterangan);
    }
       
    //methode
    public void TampilkanRincian() {
        System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
        System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
    }
}
   
//kelas Anjing
//Turunan dari kelas Mamalia, menggunakan "extends" dan "super"
class Anjing extends Mamalia {
   
    //konstruktor
    public Anjing (String nama, String keterangan) {
        super (nama, keterangan);
    }
       
    //methode
    public void TampilkanRincian() {
        System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
        System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
    }
}

//kelas Labrador
//Turunan dari kelas Anjing, menggunakan "extends" dan "super"
class Labrador extends Anjing {
    String Negara;
   
    //konstruktor
    public Labrador (String nama, String keterangan, String negara) {
        super (nama, keterangan);
        Negara = negara;
    }
   
    //methode
    public void TampilkanRincian() {
        System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
        System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
        System.out.println("Negara Asal = " + Negara);
    }   
}

//kelas Chihuahua
//Turunan dari kelas Anjing, menggunakan "extends" dan "super"
class Chihuahua extends Anjing {
    String Negara;
   
    //konstruktor
    public Chihuahua (String nama, String keterangan, String negara) {
        super (nama, keterangan);
        Negara = negara;
    }
   
    //methode
    public void TampilkanRincian() {
        System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
        System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
        System.out.println("Negara Asal = " + Negara);
    }   
}

//kelas Pudel
//Turunan dari kelas Anjing menggunakan "extends" dan "super"
class Pudel extends Anjing {
    String Negara;
   
    //konstruktor
    public Pudel (String nama, String keterangan, String negara) {
        super (nama, keterangan);
        Negara = negara;
    }
   
    //methode
    public void TampilkanRincian() {
        System.out.println("Nama Mamalia = " + Nama);
        System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
        System.out.println("Negara Asal = " + Negara);
    }   
}

//kelas Reptil
//super kelas untuk kelas anak : Ular, Buaya dan Cicak
class Reptil {
    String Nama;
    String Keterangan;
   
    //konstruktor
    public Reptil (String nama, String keterangan) {
        Nama = nama;
        Keterangan = keterangan;
    }
       
    //methode
    public void TampilkanRincian() {
        System.out.println("Nama Spesies = " + Nama);
        System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
    }
}

//kelas Ular
//Turunan dari kelas Reptil, menggunakan "extends" dan "super"
class Ular extends Reptil {
   
    //konstruktor
    public Ular (String nama, String keterangan) {
        super (nama, keterangan);
    }
       
    //methode
    public void TampilkanRincian() {
        System.out.println("Nama Reptil = " + Nama);
        System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
    }
}

//kelas Buaya
//Turunan dari kelas Reptil, menggunakan "extends" dan "super"
class Buaya extends Reptil {
   
    //konstruktor
    public Buaya (String nama, String keterangan) {
        super (nama, keterangan);
    }
       
    //methode
    public void TampilkanRincian() {
        System.out.println("Nama Reptil = " + Nama);
        System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
    }
}

//kelas Cicak
//Turunan dari kelas Reptil, menggunakan "extends" dan "super"
class Cicak extends Reptil{
   
    //konstruktor
    public Cicak (String nama, String keterangan) {
        super (nama, keterangan);
    }
       
    //methode
    public void TampilkanRincian() {
        System.out.println("Nama Reptil = " + Nama);
        System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
    }
}

//kelas Cobra
//Turunan dari kelas Ular, menggunakan "extends" dan "super"
class Cobra extends Ular {
   
    //konstruktor
    public Cobra (String nama, String keterangan) {
        super (nama, keterangan);
    }
   
    //methode
    public void TampilkanRincian() {
        System.out.println("Nama Reptil = " + Nama);
        System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
    }   
}

//kelas Phyton
//Turunan dari kelas Ular, menggunakan "extends" dan "super"
class Phyton extends Ular {
   
    //konstruktor
    public Phyton (String nama, String keterangan) {
        super (nama, keterangan);
    }
   
    //methode
    public void TampilkanRincian() {
        System.out.println("Nama Reptil = " + Nama);
        System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
    }   
}


"Extends" berarti class tersebut, adalah kelas turunannya, dan "Super" berarti meniru variable dari class induknya.

Ke dua Super class di atas akan kita jalankan dengan "Main Class" yang saya sebut "Class Spesies", berikut Script nya :

/Kelas utama
//Perhatikan kata "main"
public class Spesies {
    public static void main(String[] args) {
   
    //instansiasi kelas   
    //menggunakan "new"   
     System.out.println("Berikut daftar Spesies beserta salah satu turunannya :");
     System.out.println("");
     Mamalia mamalia = new Mamalia ("Mamalia", "Merupakan spesies beranak.");
     Sapi sapi = new Sapi("Sapi", "Merupakan mamalia yang sering di ternakkan dan penghasil susu terbanyak.");
     Kucing kucing = new Kucing("Kucing", "Merupakan mamalia yang umum di pelihara di rumah.");
     Anjing anjing = new Anjing ("Anjing", "Merupakan mamalia yang sering di pelihara di rumah, dan juga sahabat baik manusia.");
     Labrador labrador = new Labrador ("Labrador Retriever", "Salah satu anjing terpopuler di dunia, karena terkenal pintar dan cepat belajar", "Newfoundland");
     Chihuahua chihuahua = new Chihuahua ("Chihuahua", "Merupakan jenis anjing yang terkenal di dunia.", "Mexico" );
     Pudel pudel = new Pudel ("Pudel", "Merupakan anjing yang berbulu keriting dan sering di konteskan", "-");
     Reptil reptil = new Reptil ("Reptil", "Merupakan spesies bertelur.");
     Ular ular = new Ular ("Ular", "Merupakan reptil yang paling di takuti, karena dapat mematikan.");
     Buaya buaya = new Buaya ("Buaya", "Sama halnya dengan ular, buaya merupakan reptil yang juga ditakuti.");
     Cicak cicak = new Cicak ("Cicak", "Merupakan reptil yang sering ada dalam rumah, dan pemakan serangga.");
     Cobra cobra = new Cobra ("Cobra", "Racun yang dimiliki ular cobra adalah paling mematikan di dunia.");
     Phyton phyton = new Phyton ("Phyton", "Salah satu jenis ular yang memiliki ukuran tubuh sangat besar dan juga sangat kuat.");
   
    //Pemanggilan konstruktor masing - masing
    //Catatan : penambahan System.out.println("") untuk memberikan ruang kosong 1 baris, agar kelihatan menarik.
     mamalia.TampilkanRincian();
     System.out.println("");
     sapi.TampilkanRincian();
     System.out.println("");
     kucing.TampilkanRincian();
     System.out.println("");
     anjing.TampilkanRincian();
     System.out.println("");
     labrador.TampilkanRincian();
     System.out.println("");
     chihuahua.TampilkanRincian();
     System.out.println("");
     pudel.TampilkanRincian();
     System.out.println("");
     reptil.TampilkanRincian();
     System.out.println("");
     ular.TampilkanRincian();
     System.out.println("");
     buaya.TampilkanRincian();
     System.out.println("");
     cicak.TampilkanRincian();
     System.out.println("");
     cobra.TampilkanRincian();
     System.out.println("");
     phyton.TampilkanRincian();
     System.out.println("");
     System.out.println("");
     System.out.println("==============");
     System.out.println("Oleh : I Made Arta Purniawan");
     System.out.println("Teknologi Informasi Udayana");
     System.out.println("Sumber : Wikipedia.");
    }
}

Sekarang, mari kita langsung menuju ke IDE Geany. Copy kan script di atas pada IDE Geany kalian, dan ingat! Simpan dengan nama yang sama dengan nama "Main Class" nya.


Lalu, coba jalankan program kalian. Jika berhasil, maka akan nampak seperti gambar di bawah ini :






Selamat!!
Program telah berjalan dengan sempurna. Demikianlah postingan tentang pewarisan kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi semuanya, terima kasih.

Sumber :
  • Program Sistem Operasi oleh  I Putu Agus Eka Pratama, ST. MT

Previous
Next Post »
Thanks for your comment